Pandanganmu Ngeblur Kaya Fitur Editing Foto?Ini Tandanya..

a129832ef66ab969b51ae71066e44e6c
Sumber : Google

A : Yang, coba liat deh lampu – lampunya bagus ya.. indah banget..

B : Ha? lampu lampu mana yang?

A : Ih.. itu loh sayang itu.. masa ga keliatan sih..

Hello cantik, ganteng..

Siapa nih diantara kamu yang pernah ngalamin kaya gitu? lagi romantis romantisnya sama pacar eh malah jadi ngotot ngototan. Kalau pandangan kamu sudah ngeblur kayak fitur editing foto gitu, itu tandanya ada yang ga beres sama mata kamu tik, teng. Ga beresnya gimana? sebabnya apa? pencegahannya gimana? pengobatannya gimana? nih.. Mrs. Cuap ulas sedikit yaa… yuk simak baik baik..

Pandangan ngeblur atau ga jelas kalau ngeliat itu dinamakan Rabun. Rabun sendiri dibagi menjadi 2, yaitu Rabun Jauh dan Rabun Dekat. Loh? Terus bedanya apa? beda namanya, eits ga hanya namanya saja tapi jenisnya juga berbeda. Jenis disini dimaksud dari pengertian, sebab, cara mengatasinya juga ya tik, teng.

Oke, Mrs. Cuap akan jabarin satu persatu ya, berdasarkan pengalaman dan informasi – informasi yang Mrs. Cuap rangkum.

1. Rabun Jauh

miopi
Sumber : Google

Rabun Jauh merupakan kondisi dimana penglihatan kita / pandangan kita terhadap benda yang jauh lokasinya menjadi tidak jelas / blur. Hal ini bisa terjadi karena beberapa sebab tik, teng diantaranya yaitu rusaknya refraktif pada mata dimana seharusnya cahaya tepat pada retina tetapi justru cahaya terfokus didepan retina.

Untuk penyebab pasti kerusakan ini masih belum pasti tik, teng, hanya dugaan sementara disebabkan oleh faktor lingkungan dan turunan. Lingkungan? ya lingkungan disini dimaksud adalah aktivitas seperti membaca buku/komik dengan tiduran diposisi yang pencahayaannya redup, bermain game terus terusan tanpa kaca pelindung, bermain handphone dengan jarak yang dekat (Mrs.Cuap banget ini mah -.-” *jangan ditiru yaa tik, teng)

Terus solusinya gimana Mrs biar mata aku sehat?

Yang pasti, kudu dan harus adalah JANGAN LEBAY! Yups. Lebay disini itu jangan berlebihan kalau main handphone, main game, baca buku. Inget ya tik, teng mata kamu itu juga butuh istirahat. selain itu pasang pelindung layar sebagai pencegahannya dan terpenting MAKAN SAYUR DAN BUAH – BUAHAN biar nutrisi kamu tercukupi dan mata kamu sehat.

Terus kalau udah terlanjur gimana Mrs?

images-2
Sumber : Google

Terlanjur aku mencintaimu… eits malah nyanyi.. ya kalau udah terlanjur gunakan kacamata atau softlens yang sesuai sama besar / kecil minus kamu ya tik, teng. Untuk tau seberapa besar / kecil minus kamu, kamu kudu periksa didokter mata atau di optik – optik (biasanya ada tuh tes mata, tapi lebih akurat didokter sih..). Selain itu ada alternatif lain yaitu Operasi.

2. Rabun Dekat

grandma_meme
Sumber : Google

Rabun Dekat merupakan kondisi dimana penglihatan kita / pandangan kita terhadap benda yang dekat lokasinya menjadi tidak jelas / blur. Nah rabun dekat ini kebalikannya dari rabun jauh tik, teng. Rabun Dekat terjadi karena cahaya yang masuk justru terfokus dibelakang retina bukan tepat pada retina. Biasanya rabun ini terjadi karena berkurangnya kemampuan mata kita yang disebabkan sudah bertambahnya usia tik, teng.

Nah, tapi kok ada usia muda yang sudah rabun dekat?

Ya apapun itu didunia ini pasti bisa terjadi tik, teng. begitu juga dengan rabun dekat ini, salah satu faktor pemicunya adalah genetik dan masalah kesehatan pada mata itu sendiri.

Terus kalau udah terlanjur?

Ya kalau udah terlanjur mirip dengan rabun jauh, gunakan kacamata atau softlens ataupun menjalani Operasi dan Makan SAYUR dan BUAH.

Sudah paham kan tik, teng? nah kalau sudah paham.. yuk mulai sekarang jaga kesehatan mata kita. jaman teknologi boleh maju, tapi tetap kesehatan nomor 1 ya tik, teng..